Pages

Senin, 26 November 2012

Anehnya Indonesiaku, dari Belalang Goreng sampai Tambelo (sejenis cacing)

Bincara tentang kuliner Indonesia tentu banyak sekali, diantaranya banyak makan-makanan yang unik seperti:

1. Belalang Goreng

Mungkin bagi anda makanan ini terdengar aneh atau bahkan menjijikan, namun tidak bagi masyarakat didaerah Gunung Kidul. Pembuatan makanan ini cukup mudah, belalang yang sudah dibersihkan kemudian digoreng hingga kering dan diberi bumbu pedas.
Biasanya jenis belalang yang dimasak adalah belalang kayu, untuk mendapatkannya cukup mudah, bahkan ada warga yang berprofesi sebagai pencari belalang.



2. Jangkrik Goreng

Hampir sama dengan belalang goreng makanan yang sama-sama berasal dari jenis serangga kali ini ada jangkrik goreng, bedanya pada olahan jangkrik mengunakan rasa yang gurih. Makanan ini banyak ditemukan didaerah Surabaya.



3. Ulat Sagu

Mungkin makanan ini yang paling menggelikan menurut saya jika melihat ulat tersebut ketika masih hidup. Tapi sebenarnya ulat sagu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Di Papua banyak orang yang suka dengan makan ini, karana menurut mereka rasanya lezat.





4. Rempeyek Laron

Apakah anda pernah berfikir untuk memakan laron. Laron adalah metamorfosa dari rayap biasanya pada awal musim hujan. Untuk memasaknya kita harus membuang dulu bulu-bulunya.
Rempeyek sendiri adalah semacam kerupuk sederhana yang erbuat dari tepung beras dan berbagai rempah-rempah.






5. Kelelawar Goreng

Hewan yang banyak hidup di dalam gua ini ternyata dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya penyakit asma, gangguan hati, sakit pinggang, darah tinggi, diabetes. Hal ini membuat banyak orang yang mengkonsumsi hewan ini.

Didaerah Gunung Kidul banyak sekali olahan daging kelelawar seperti kelalawar goreng, kelelawar panggang, dan sop kelelawar.
Harga kelelawar goreng sekitar Rp. 4.000/ekor.



6. Tikus panggang dan Rica-rica Tikus

Kalua mendengar ayam panggang atau ikan panggang mungkin sudah biasa dan tidak aneh, tapi bagaimana kalau "tikus pannggang" pasti terdengar aneh dan tak biasa. Tapi di Manado makanan ini sangat populer.
Tikus yang diolah adalah jenis tikus pohon.







7. Sate Biawak

Pernahkah anda makan sate biawak...??
mungkin masakan ini jarang dilingkungan anda...
Daging biawak dipercaya dapat mengobati penyakit gatal-gatal dan menambah stamina kaum laki-laki.

Saya sendiri pernah mencobanya karena sangat penasaran. Memang rasanya cukup enak, tpi saya hanya sekali itu saja, saya lebih memilih sate kambing atau sate ayam.








8. Tambelo

Tambelo adalah hewan sejenis cacing, terdapat pada batang kayu bakau pada proses pembusukan. Mungkin bagi kita memegang saja merasa jijik apalagi memakannya. Tetapi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Papua sangat gemar mengkonsumsi makanan sejenis cacing ini.

Tambelo ini langsung dimakan mentah-mentah setelah dikeluarkan dari batang kayu tanpa dimasak.
Bagi suku Kamoro makanan ini disajikan pada pembukaan pesta-pesta adat Karapao.

1 komentar:

  1. Benjamin Moore Titanium Art | Titanium Arts
    Benjamin Moore ford focus titanium hatchback is a high-quality stainless steel core. titanium bolt This quality titanium carabiners art piece has high quality 2020 ford ecosport titanium materials in solid stainless how to get titanium white octane steel.

    BalasHapus