Pages

Sabtu, 13 Oktober 2012

Pantai Parangtritis, Yogyakarta

     


Pantai Parangtritis merupakan objek wista yang sangat terkenal di Yogyakarta selain pantai-pantai lainnya diantaranya pantai Samas, Baron dan pantai Glagah. Pantai ini terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta. Nama Parangtitis konon bermula pada satu kejadian pada masa kerajaan majapahit, diceritakan bahwa seseorang bernama Dipokusumo bertapa dikawasan ini, ketika sedang bertapa ditempat ini dia melihat air yang menetes (tumaritis) dari celah-celah batu karang (parang), sehingga tempat itu dinamai Parangtritis yang berarti air yang menetes dari celah-celah batu karang.

          

Selain merupakan objek wisata pantai Parangtritis juga dikenal sebagai tempat ziarah, ini dikarenakan bahawa orang jawa sangat mempercayai bawa tempat tersebut merupakan kerajaan tempat dimana Nyai Roro Kidul berkuasa. Dan juga sebagai garis imajiner dengan Keraton Yogyakarta serta Gunung Merapi. Pada saat-saat tertentu di pantai ini diadakan labuhan dari pihak Keraton Yogyakarta.

Pantai ini mempunyai ombak yang besar dan juga mempunyai gunung-gunung pasir disekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Tempat ini sudah dikelola oleh pihak Pemerintah Kabupaten Garut dengan cukup baik, dengan adanya fasilitas penginapan dan juga terdapat pasar yang menjual souvenir khas Parangtritis.

      

Di pantai ini juga terdapat ATV, kereta kuda dan kuda yang dapat disewa untuk menyusuri sepanjang pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat olahraga udara atau aeromodeling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar