Pages

Selasa, 02 Oktober 2012

Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua



Selain kepulauan Raja Ampat di Papua juga terdapat Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang sangat indah. Teluk Cendrawasih adalah taman nasional dengan perairan terluas di Indonesia. Ditempat ini terdapat keindahan biota laut yang sangat menakjubkan. Taman Nasional Teluk Cendrawasih telah mnjadi ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika di papua. Inilah yang membuat orang akan selalu ingin kembali lagi kesana.

Teluk Cendrawasih telah menjadi surga bagi tumbuhan dan hewan baik di daratan maupun di bawah air. Dan yang paling dinanti adalah berjumpa dan berinteraksi dengan raksasa bawah laut, yaitu hiu paus yang ramah. Bagaimanapun perjumpaan dengan ikan terbesar dimuka bumi itu selalu menjadi impian bagi para penyelam.

             
         ini adalah gambar interaksi hiu paus dengan penyelam dan juga nelayan

Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah sebuah teluk yang dikelilingi oleh beberapa pulau, diantaranya adalah pulau Yapen, pulau Biak dan daratan utama pulau Papua. Secara administratif wilayah Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di dua kabupaten yaitu kabupaten Teluk Wondama, provinsi Papua Barat dan kabupaten Nabire provinsi Papua.
Lokasinya terletak di tepi samudra pasifik dan merupan daerah lempengan benua sehingga menjadikannya sangat kaya akan flora dan fauna. Taman nasional ini memiliki 14 jenis flora yang dilindungi dan sebagian besar didominasi dari jenis pohon kasuarina.

Jika menurut anda yang paling paling menarik adalah Raja Ampat, maka bila nanti anda berada di Taman Nasional Teluk Cendrawasih anda akan menikmati pemandangan yang sangat beragam dengan daya pikat utama meilihat secara langsung hiu paus. Kawasan ini meliputi 18 pulai dengan garis pantai sepanjang sekitar 500 kilometer. Seluruh kawasan cagar lautnya menjadi habitat dari berbagai jenis burung dan satwa laut seperti, remis raksasa, penyu, kura-kura, hiu, lumba-lumba dan dugong.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih diresmikan pada tahun 1993 dengan luas sekitar 1.453.500 hektar membentang dari semenanjung Kwatisore hinga Pulau Romberpon. Kawasan ini meliputi luas lautan sekitar 89,8 %, dengan terumbu karangnya sekitar 5,5 %, daratan pulau-pulaunya sekitar 3,8 %, serta daratan dan pesisir pantainya hingga sekitar 0,9 %.
Anda tidak perlu menjelajahi semuanya untuk menikmati keindahan Teluk Cendrawasih tetapi hanya perlu  mengunjungu beberapa tempat diantaranya adalah Pulau Yoop, Pulau Mioswaar, Pulau Nusrowi, Pulau Numfor, dan Pulau Rumberpon.

Keindahan bawah lautnya sangat mengesankan dimana presentase karang hidupnya mencapai 65,64 % atau jika dijumlahkan menghabiskan wilayah sekitar 70.000 hektar. Disini terdapat 36 jenis burung, 196 jenis moluska, 209 jenis ikan, serta paus dan lumba-lumba. Kawasan ini juga menjadi habitat bagi jenis penyu yang dilindungi yaitu penyu sisik ( Eretmochelys Imbricata ), penyu hijau ( Chelonia Midas ), penyu lekang 
( Lepidochelys Olivaceae ), dan penyu belimbing ( Dermochelys Coriacea ).

Perairan Teluk Cendrawasih adalah kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia sekaligus menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark ( Rhincodon Typus ) dengan kerjasama antara pemerintah, swasta, masyarakat, perguruan tinggi dan LSM dalam dan luar negri. Pengamatan hiu paus di Kwatisore telah dijadikan lokasi penelitian. Ditempat ini hiu paus sering muncul ke permukaan dan terbiasa berinteraksi dengan nelayan. Umumnya mereka muncul disekitar bagan (rumah terapung tempat menangkap ikan) yang banyak ditemukan disepanjang perairan Kwatisore.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih telah menjadi surga bagi para penikmat wisata bahari dan wisata laut internasional. Selain itu tempat ini juga memiliki wisata jelajah gua yang terdapat di Pulau mioswaar,sekaligus sumber air panas yang mengandung belerang. Di gua ini pun terdapat kerangaka leluhur suku Wandau yang sangat dijaga keberadaannya dan dipercaya sebagai manusia pertama yang datang ke pulau ini. Hal serupa juga terdapat di Pulau Numfor dimana terdapat tengkorak manusia dan piring antik serta peti berukir yang sangat tinggi nilai sejarah dan budayanya.


1 komentar:

  1. Cantik2 burung cendrawasinya, kalau dari kota nya dekat gk si k?
    jika pengen maen ke jogja,moggo di cek-cek harga k. :-)
    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus